Rakernas Virtual IMA 2020 Sukses Dilaksanakan

Acara Rakernas IMA  secara online telah sukses diselenggarakan pada hari ini Sabtu, 4 April 2020.  Dengan dihadiri oleh perwakilan dari Chapter-chapter di berbagai daerah di seluruh Indonesia.  Di jajaran pengurus Pusat turut hadir yaitu President IMA Pusat Suparno Djasmin beserta seluruh VP dan Director serta JW. Junardy selaku Ketua Dewan Senate IMA berserta dengan para anggota Senate yang terdiri dari sesepuh IMA dan mantan Presiden IMA seperti Andreas Diantoro, Arief Wibowo, D.Y. Adrian dan lain-lain.

Acara Rakernas dipandu secara online oleh Sekretaris Jenderal IMA yaitu H. Taufik dari MarkPlus di Jakarta.  Pembukaan acara secara resmi dilakukan oleh President IMA kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program dari beberapa korwil/Chapter yang mewakili Jawa, Sumatra, Sulawesi, Papua dan Kalimantan.  Selanjutnya adalah penyampaian keynote speech yang diberikan oleh Hermawan Kartajaya selaku Founder IMA.

Selain pelaksanaan acara secara formal, Rakernas virtual kali ini juga mengetengahkan sharing session yang menampilkan wajah bisnis di berbagai industri di tengah merebaknya Covid-19.  Andreas Diantoro, President Director SAP Indonesia memaparkan landscape bisnis teknologi informasi.  Ada pula Ronny Liyanto, Executive dari Polygon yang menjelaskan kondisi industri sepeda nasional.  Ricky Afrianto, Director Mayora, memberikan pencerahan mengenai kondisi bisnis dalam industri FMCG.

Tak ketinggalan dari Surabaya Mufid Wahyudi mewakili pelaku bisnis F&B memberikan sharing-nya di acara Rakernas Virtual IMA.  Yang tak kalah menarik untuk disimak adalah sharing yang disampaikan oleh Junanto Herdiawan dari Bank Indonesia yang menjelaskan situasi ekonomi Indonesia dari sisi makro-moneter.

Di sektor Otomotif, tim dari Astra memberikan data dan fakta mengenai situasi pasar kendaraan bermotor di Indonesia.  Sementara itu ada juga Setyo Riyanto yang mewakili industri pendidikan berbagi pengetahuan tentang suasana dunia belajar mengajar di tengah anjuran pemerintah untuk WFH.  Selain itu ada pula Suyoto Peng dari Pekanbaru, Aris Dwi Tjahjono dari Makassar, Ivanry Matu dari Manado, Sutjipto dari Banjarmasin dan lain-lain yang memberikan insight perkembangan daerah masing-masing.

Di antara sekian banyak industri yang mengalami kontraksi sebagai akibat dari Covid-19, industri penerbangan merupakan salah satu sektor yang terkena dampak paling parah.  Hal ini disampaikan oleh Arief Wibowo selaku President Director Airfast Indonesia.  Di mana sebagian besar burung besi para maskapai tak dapat terbang lagi.  Kita berharap semoga kondisi krisis ini cepat berlalu sehingga burung mereka masih tetap bisa hidup lagi.

Sebagai penutup Rakernas Virtual IMA 2020 menghasilkan sebuah kesepahaman bersama yang dituangkan dalam bentuk deklarasi yang merupakan kontribusi para marketer IMA dalam menciptakan suasana yang kondusif di tengah terpaan wabah global Covid-19.  Bagaimanapun juga kehidupan harus tetap berlangsung dan ekonomi harus tetap berjalan.  Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat, mari kita tetap bersatu teguh melawan  segala cobaan yang ada.

Kutipan lengkap deklarasi Rakernas IMA adalah sebagai berikut:

Berikut ini snapshoot antusiasme para peserta Rakernas Virtual IMA 2020

 

2 Comments

  • Rifna estrellita siahaan

    April 4, 2020 - 10:56 AM

    Really appreciate for this situation rakernas bisa berjalan lancae walaupun dgn zoom. Terima kasih utk sharing2nya yang sangat bagus dan berkesan.

    • admin

      April 4, 2020 - 12:37 PM

      Semoga IMA selalu berjaya dalam segala situasi dan kondisi serta tetap bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat luas. Amin.

Leave A Reply

  • EightyEight@Kasablanka, 8th Floor Jl. Casablanca Raya Kav. 88 Jakarta 12870, Indonesia.
  • +62-21-5790 2338
  • admin@ima.or.id